WELCOME TO KENSHIKEMPO.BLOGSPOT.COM
Custom Search
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

KESUKSESAN DITANGAN ANDA


Sukses disini mempunyai arti yang banyak. Diantaranya disenangi teman, disenangi dan disayang sempai atau senior dan sukses dalam menyerap ilmu yang telah diberikan sempai kepada anda. Kunci ini saya namakan kunci sukses syaipul.

1. Jangan membeda-bedakan pelatih. Maksudnya adalah jika anda ingin sukses anda dilarang keras membeda-bedakan atau meremehkan orang yang mengejari anda, dan ini tidak terbatas dalam hal ini, khususnya dalam ilmu bela diri. Dalam kempo sempai tidak terbatas kepada satu orang saja, tetapi sempai adalah orang yang lebih senior dari kita walaupun umurnya lebih muda dari kita.

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Begitu juga setiap pelatih.terutama dalam kempo yang mempunyai banyak teknik. Dalam ilmu bela diri kempo secara garis besar tekhnik terbagi 2, yaitu GOHO (gerakan -gerakan keras seperti memukul, menendang, dan menangkis) dan JOHO (gerakan-gerakan yang lebih lembut seperti mengunci, melepas dan membanting). Seperti yang telah saya katakan bahwa setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan begitu juga dalam hal menangkap ilmu. Sehingga ini mengekibatkan perbedaan pula tingkat kemahiran sempai kita. Ada sempai yang memiliki geraka GOHO yang sempurna, tapi tidak pada tekhnik JOHO-nya. Begitu juga sebaliknya ada yang sempurna pada JOHO-nya, tapi tidak pada GOHO-nya. Oleh karena itu, kenshi dilarang keras membeda-bedakan sempainya. Perhatikan dan ambillah apa yang diberikan setiap pelatihmu atau sempaimu. Karena dengan begitu kita akan menjadi kenshi yang sukses.

2. Jangan berpikir bahwa anda lebih baik dari orang lain. Jangan pernah sekali-kali anda berpikir bahwa anda adalah yang terbaik karena dengan mempunyai pikiran seperti ini anda akan mempunyai peluang merendahkan orang lain. Sikap seperti ini merupakan penghalang kesuksesan anda. Sikap seperti ini juga akan mengkibatkan berkurangnya simpati seseorang kepada anda, baik itu simpati kenshi lain atau simpati dari sempai anda.

3. Kerendahan Hati (ini harus ada dalam hati setiap kenshi yang mengingikan kesuksesan). Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak peduli dari mana ia berasal, seberapa tinggi pendidikannya atau seberapa kaya dia, tetap tidak ada manusia yang sempurna. Oleh karena itu dalam menjalani proses kehidupan ini, terlebih jika kita ingin hidup lebih maju dan lebih bahagia, kita selalu membutuhkan orang lain. Keberadaan orang lain sangatlah mutlak untuk mengisi kekurangan kita dan untuk saling menguatkan bukan untuk saling menghancurkan. Begitu juga jika kita ingin menjadi kenshi yang sukses. Beberapa kunci ataupun prinsip kesuksesan yang sering dibicarakan tampaknya akan jauh lebih lengkap jika ditambah satu unsur lagi, yaitu KERENDAHAN HATI.




Kepandaian, kekayaan, kekuasaan, dan keyakinan hanya akan menjadi keangkuhan yang membahayakan diri, jika tanpa disertai kerendahan hati. Kerendahan hati adalah landasan dari kebijaksanaan. Kerendahan hati dan kesederhanaan adalah dua pilar dari sebuah kebesaran jiwa. Kerendahan hati yang tulus akan sangat dihormati, namun kerendahan hati yang palsu dan pura-pura justru akan menjadi bumerang.
Begitu juga kesuksesan seorang pemimpin tidak hanya diukur dari kepandaiannya berorganisasi, memenej bawahannya atau seberapa baiknya ia mampu memenuhi harapan-harapan orang yang dipimpinnya, tetapi dengan seberapa jujur ia hidup selaras dengan harapan-harapan itu dan harapan-harapan dirinya sendiri. Jika kita jujur kepada diri sendiri dalam mengejar impian-impian kita, menerima kebenaran, menghargai semua yang kita miliki, menjalankan hidup semaksimal mungkin, maka kita berhak bangga akan apa yang ada pada diri kita.
Berberapa tip untuk belajar rendah hati:

  • Bersikaplah murah hati dalam bergaul; berikanlah kesempatan kepada orang lain untuk berbicara mengenai pendapatnya, pandangannya, atau prestasi-prestasinya, bukan bicara tentang diri sendiri.
  • Bersikaplah sopan, tetapi tidak dibuat-buat. Ini akan membuat orang senang dan aman.
  • Janganlah mudah menyalahkan orang lain. Beranilah minta maaf, apabila melakukan suatu kesalahan.




0 komentar:

Posting Komentar

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Subscribe

ShoutMix chat widget